[artikel]Pixel People Project

Kemarin saya bikin artikel getoh buat BITS (Buletin IT di kampus) ITB edisis 11 (september), temanya cukup menarik, tentang barik fractal yang lagi jadi trand batik sekarang-sekarang. Bikin pola batiknya secara matematis dan diolah dengan software-software opensource. Mungkin bisa jadi salah satu inspirasi buat kamu.

Pixel People Project

Siapa sangka seni, sains dan teknologi dapat diiriskan dengan media batik yang menjadi salah satu khazanah budaya Indonesia. Perpaduan antara ketiganyapun membuat batik memiliki nilai jual yang cukup tinggi setelah diolah dengan software-software opensource. Salah satu penggagas yang mengembangakan batik fractal1 menggunakan opensource tersebut di Indonesia dalah Pixel People Project yang diprakarsai oleh M.Lukman, Yun Hariadi, dan Nancy Margried. Komunitas ini mulai terbentuk pada tahun 2007 dikota Bandung . Meski belum memiliki kantor tetap namun kamu bisa mengeksplorasi karya-karya yang telah dihasilkan oleh Pixel People Project dengan mengunjungi website resminya di http://www.pxlpplproject.com atau e-mail pxl_ppl@yahoo.com. Berikut rangkuman wawancara tim BITS bersama Nancy Margried selaku Head of Business dari Pixel People Project.

Bagaimana Sejarah awal terbentuknya komunitas Pixel People Project ?

Komunitas ini mulanya terbentuk karena ketertarikan kami dalam bidang seni, sains dan teknologi, lalu kami meneliti ornament (perhiasan atau benda hias) tradisional batik dari segi fractal dan menemukan bahwa motif batik memiliki sifat matematis fractal2. Setelah itu kami serius untuk mewujudkan ide kami menjadi sebuah bisnis.

Apa yang menjadi tujuan dibentuknya Pixel People Project?

Komunitas ini tentu ditujukan untuk mewadahi eksperimen-eksperimen sains, seni dan teknologi yang kami lakukan dan merubahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi.

Bagaimana Anda menemukan ide awal untuk memadukan seni, sains dan teknologi dalam media batik fractal yang memiliki nilai jual tinggi?

Ide awalnya bermula dari riset mengenai batik tradisional menggunakan sudut pandang matematika karena pada dasarnya riset ini memang multidisiplin antara IT, sains dan seni, jadi yah memang otomatis produknya adalah sinergi antara 3 hal tersebut. Pada dasarnya bisnis yang memadukan IT, seni dan sains itu tergantung ide apa yang mau dikembangkan. Kami sendiri tidak secara khusus ingin memadukannya. Paduan tersebut terjadi karena hal yang kami teliti membutuhkan keterlibatan IT, sains dan seni secara berkesinambungan.

Siapakah yang menjadi sasaran atau target pemasaran dari Pixel People Project?

Semua orang terutama orang-orang yang kreatif dan punya rasa ingin tahu yang besar.

Adakah tips dan trick untuk mengembangkan bisnis tersebut bagi para mahasiswa?

Menurut kami, mahasiswa seharusnya menyelesaikan kuliahnya terlebih dahulu. Jika ingin berkuliah sambil mengembangkan bisnis maka harus pandai mengatur waktu dan prioritas karena mendirikan bisnis membutuhkan ketekunan, waktu dan kerja keras yang luar bisaa meski hal tersebut bukan mustahil untuk dijajaki oleh mahasiswa.

Prestasi atau penghargaan apa yang pernah diraih oleh Pixel People Project ?

Menemukan Batik Fractal dan terpilih menampilkan penelitian tersebut dihadapan Board Committee of 10th Generative Art International Conference Milan, Italy pada bulan Desember 2007.

Kendala apa yang pernah ditemui selama pengembangan Pixel People Project?

Pendanaan

Bagaimana cara Anda dalam mengatasi kendala tersebut dan terus mengembangkan Pixel People Project?

Sebenarnya kita tetap harus berjalan terus walaupun ada kendala, yaitu dengan memasarkan produk ini melalui jalur-jalur yang ada, misalnya internet, kerjasama dengan pihak lain, personal selling dan mengajukan business plan kepada bebrapa calon investor.

Apa saja kategori produk yang pernah dihasilkan oleh Pixel People Project?

Batik Fractal dalam aplikasinya pada kain dan furniture.

Apa yang menjadi keunggulan dari produk tersebut?

Memadukan seni tradisional dengan sains yang diciptakan dengan keterlibatan teknologi sehingga menghasilkan desain baru dengan kemungkinan pengembangan tidak terbatas.

Apasaja produk yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pixel People Project?

Produk-produk baru yang akan dikembangkan oleh Pixel People Project adalah aplikasi Batik Fractal pada media lain seperti metal dan sebagainya. Riset tentang motif batik tradisional Indonesia lainnya sedang dalam proses pengembangan.

Adakah pesan dan kesan untuk mahasiswa ITB dalam memulai bisnis dibidang IT?

Cobalah berpikir out of the box (berfikir kreatif) dan jadilah seorang imaginer (penghayal) .tindaklanjuti semua ide yang terlintas dikepala dan jangan didiamkan saja. Meski ide yang muncul tampak mustahil namun tetaplah optimis untuk mewujudkannya.

Jadi buat BITSer mania, jangan lupa untuk terus bersemangat dalam mengembangkan semua ide yang pernah terlintas lalu mengolahnya menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual tinggi. [ANP]

Advertisements

2 thoughts on “[artikel]Pixel People Project

  1. sebenarnya aku sangat senang sekali bisa mengikuti seminar yang diadakan di SMK N 1 Pacitan. saya bisa tau tentang berbagai batik dalam versi, bentuk, corak, cagam, jenis, motif dllllllllllll……. yang menurut aku masih banyak sekali yang perlu saya pelajari tentang batik….trimakasih atas pengetahuan yang anda-anda-anda-anda dan anda berikan kepada saya dan semua yang pernah anda jumpai….meski aku belum begitu banyk yang dapat aku pelajari,,,tapi sudha sangat berarti…trimakasih lagi saya ucapkan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s