[hikmah] mengapa selalu merasa tidak bersemangat?

Menurutmu….

Kenapa seseorang stress ataupun merasa gagal dalam pekerjaannya? Dalam amanahnya?

Merasa tidak semangat dalam menjalani hari-harinya?

Jika saya boleh sedikit berpendapat.

Semuanya bisa saja terasa karena tiga hal :

1.       Merasa jauh dari tuhan

Sebenarnya manusia memang memiliki kecanderungan untuk mensucikan seseuatu. Menyembah sesuatu dan juga bergantung pada sesutu yang memang memiliki kekuasaan yang jauh lebih tinggi.

Kitalah yang sebenarnya membutuhkan 4w1. Meski kadang 4w1 “ terlalu” sopan ketika dalam ayat ayatnya yang suci berkata “ maukah Aku beli harta dan jiwamu dengan syurga?” (red)

Padahal 4w1 sendirilah yang memberikan kita jiwa. Menjaga dan menghidupkan kita setelah kematian yang sempurna. Bahwa 4w1lah yang juga menitipkan harta dan mempercayakan kita untuk “ berbelanja” dalam kebaikan.

Jika memahami hakikat ini, mungkin kita bisa sedikit tersadar bahwa jauh dari tuhan adalah seseuatu yang sebenarnya penuh dengan keresahan. Karena semua memang milikNYA. Memang titipanNya. Memang berada dalam kekuasaanNYA.

 

 

2.       Tidak mempunyai cita-cita yang jelas

Cita cita adalah motivasi dan juga penyemangat. Cita-cita membantu kita untuk mengoptimalkan waktu. Cita-cita juga akan membantu kita untuk memfilter kegiatan-kegiatan apa-apa saja yang memang berguna atau malah menghabiskan waktu sia-sia. Jika tidak memiliki cita-cita yang jelas, bisa jadi kita terjebak dengan rutinitas yang sebenarnya tidak kita suka.

 

Sebaik – baiknya cita-cita adalah cita-cita yang memang dituntun oleh Al-Qur’an dan sunnah. 4w1 sendiri dalam al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 201 berfirman “ Dan diantara mereka ada orang-orang yang berdoa, “ Ya tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akherat dan peliharalah kami dari siksa api nerakaSemoga hal hal indah yang kita cita citakan memang membawa dan berada dalam kebaikan. ” “ dan rahasia dari kebaikan-kebaikan itu adalah doa, usaha,usaha,usaha, dan doa.

 

3.       Terlalu menyendiri

Kebanyakan orang yang terlalu menutup diri malah akan stress sendiri. Bingung mencari “referensi” dari tindakan ataupun pemikiran yang benar dan salah.

Sahabat sendiri adalah tempat untuk saling berbagi. Tempat saling menguatkan dan memberi inspirasi. Kekuatan persahabatan ini akan benar-benar terasa ketika kita merasakan futur (jauh dari 4w1). Merekalah yang kemudian memberikan banyak nasehat untuk saling mengingatkan. Hanya saja terkadang kita merasa kebingungan untuk bisa memulai persahabatan. Entah dikarenakan pribadi yang sudah terbiasa menutup diri atau karena memang tidak terbiasa untuk membuka diri sehingga tetap saja merasa stress sendiri. Mungkin kuncinya ada dalam ucapan bismillahirahmanirahim (dengan nama 4w1 yang Maha Pengasih dan Penyayang) diiringi sebuah senyuman maka semuanya bisa kembali terasa lebih ringan.

Wallahualam. Ketiganya hanya sebatas pendapat saya yang memang saya simpulkan dari pengalaman. Kalu kamu punya pendapat lain. Silahkan… J

 

          Bintang –

Di tulis tepat setelah shalat subuh sambil denger MQ FM, sambil menghirup segarnya nikmat 4w1 dalam udara pagi di kamar yang baru saja di “ pugar”. Hehe

Advertisements

2 thoughts on “[hikmah] mengapa selalu merasa tidak bersemangat?

  1. keren,,,

    pasti ketika nulis kau sedang merasakan ketenangan karena ketiga hal di atas,,

    ditulis setelah solat subuh, berarti kau sudah memperoleh ketenangan karena kedekatan denganNya setelah salat subuh.

    Kau sudah memiliki cita cita dan arah jelas dalam hidup yang telah kau jalani,,

    dan kau telah merasakan nikmatnya memiliki sahabat pada saat yang bersamaan.

    dan terlebih lagi fakta bahwa kau menulis tentang ini memiliki arti kau ingin membagi ketenangan yang sudah kau rasakan.

    Hebat….

    let me give you a smile…

    ^_^

  2. justru saya bisa tau dengan pasti ketiga sebab itu karena saya mengalaminya..
    entah bisa dibilang sudah mengalaminya, sedang mengalaminya atau akan mengalaminya…

    🙂

    tapi, bagian berbagi ketenangan. itu benar sekali.. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s