[pojok tanya] taubat dan bersaudara?

Kenapa kita bisa bertaubat terus ingkar lagi? Taubat ingkar lagi, taubat lagi, ingkar lagi… ?

Apa 4w1 gak akan bosen? Gak akan meninggalkan kita di titik tertentu?

khabib menjawab :

kalau Tanya kenapa, itu adalah karena keimanan kita harus diperbaiki. Amal adalah cerminan iman. Semakin banyak kemaksiatan, semakin kurang keimanan kita. 4w1 tidak akan bosan dengan ibadah kita hingga kita sendirilah yang merasa bosan. Itu adalah bukti kasih sayang 4w1 yang mencintai hambaNYA. 4w1 menerima taubat kita sebelum nyawa kita ada di tenggorokan

Mbak Wafa menjawab :

Karena 4w1 punya sifat pemaaf dan Maha pengampun. Taubat yang diterima kan taubat nasuha yang sebenar-benarnya taubat.

Tapi kalau ada yang sebentar insyaf, terus ‘nakal lagi’, insyaf lg, nakal lagi…mungkin 4w1 lg menguji niat dia untuk insyaf. Itu makanya kita harus menumbuhkan sifat khauf dan roja,khauf…takut disiksa sama4w1, tp juga berharap akan ampunan dariNYA.

teteh menjawab:

oh, gak akan pernah bosen. Ada hadistnyah kok. J

bahkan mungkin kita yang justru bosen dengan dosa-dosa kita sendiri. Kalaupun kita kembali, 4w1 akan selalu menerima asalkan ikhlas. Manusia itu tempatnya lupa. tapi 4w1 menyukai orang-orang yang bertaubat bukan yang gak pernah berdosa

Tapi…

Kenapa kita selalu ngerasa sendirian?padahal kita butuh orang-orang untuk saling menguatkan?

Apakah bersaudara itu sulit?karena sepertinya semua sudah terkotak-kotak, memiliki wilayah berteman sendiri-srndiri yang sulit dimasuki, hingga akhirnya kita kembali kecewa…

Khabib menjawab :

4w1 telah memerintahkan kita untuk berjuang dalam satu barisan..beribadah dan berdakwah tidak bisa sendirian. Setan lebih mudah menggoda saat seseorang sendiri daripada ketika seseorang berjamaah. Kita berusaha memperlakukan saudara seiman kita dengan sebaik baiknya dan kita harus terus berusaha melakukannya hingga kita mati. Jika belum bisa, jangan kecewa karena 4w1 gak pernah menyia-nyiakan amal walau hanya bertemu dengan saudara kita dlam keadaan ceria. 4w1 tidak pernah membebani seseorang melebihi batas kemampuannya.

Mbak wafa bilang : perasaan sendirian, kadang membuat kita makin yakin bahwa tempat bergantung hanya 4w1. Bersaudara itu gak sulit kok, apalagi kalau ikatannya akidah, kadang justru kita yang menutup diri duluan sama temen temen kita

Lalu….

Apa jawaban mu??

Advertisements

9 thoughts on “[pojok tanya] taubat dan bersaudara?

  1. enapa kita bisa bertaubat terus ingkar lagi? Taubat ingkar lagi, taubat lagi, ingkar lagi… ?

    Apa 4w1 gak akan bosen? Gak akan meninggalkan kita di titik tertentu?

    —————————————————————————
    emmmhh, , yang ini gak bisa jawab…gw masih mengalami taubat ingkar taubat ingkar terus…

    —————————————————————————
    Kenapa kita selalu ngerasa sendirian?padahal kita butuh orang-orang untuk saling menguatkan?

    Apakah bersaudara itu sulit?karena sepertinya semua sudah terkotak-kotak, memiliki wilayah berteman sendiri-srndiri yang sulit dimasuki, hingga akhirnya kita kembali kecewa…
    ————————————————————————-
    mersa sendirian pasti manusiawi lah,, sama kayak kesepian (http://kasyfisme.wordpress.com/2008/08/24/sepi/)

    gw pikir kesepian itu adalah ketiadaan ketenangan,, dan kupikir kau sudah tahu sebab untuk menghasilkan ketenangan…

    aku gak punya pengalaman banyak tentang berteman,, tapi yang pasti berteman itu terjadi ketika ada 2 orang yang saling beririsan,, entah di minat, hobi makanan kesukaan, dan mereka bisa mengobrol mengenai hal yang ereka bersama. irisan pasti ada biasanya… begitu kita sudah merasa nyaman,, kita akan mulai bercerita tentang hal yang tidak kita ceritakan kepada orang lain. maka mulai saat itulah kau punya sahabat.

    dan persahabatan itu adalah fungsi dari 2 variabel manusia. kalau salah satu ada yang tidak ingin membuka diri, maka ikatan tidak akan terjalin.. jadi bukan salahmu seorang kalo mencari sahabat itu sulit.

  2. tentang taubat, kebetulan saya pernah sampaikan di suatu majelis mentoring, dan saya tuliskan di:

    http://imamul.wordpress.com/2008/11/08/motivasi-dan-prosedur-taubat/

    bersaudara bukan suatu yang perlu digapai, karena otomatis sesama muslim adalah saudara.
    hanya permasalahannya adalah bagaimana kita memperlakukan saudara kita sehingga tidak mereka tidak menjauh.
    atau jangan-jangan perilaku kita sendiri yang justru menjahui mereka.

    silakan baca surat al-hujurat dari awal sampai akhir lengkap dengan terjemah dan kalau perlu tafsirnya sekalian.
    surat ini bertemakan ukhuwwah.

    semoga bisa membantu ya.

  3. Hmmm…

    Aku tipikal tobat ingkar tobat ingkar. Dan gua masih punya tanggungan yang besar sekali sama Allah… ==’ Entahlah, semoga Allah mengampuni gua dan kita semua.

  4. Agi, kamu harus baca ini…
    Ini chat sayah ma kak immamul EL’05 setelah ujian, hehe…
    Mungkin bisa ngasih kamu dan kita semua sedikit ”inspirasi” hehe
    ^_^’

    mo3l_constanta : dulu wkt sy haji,sy heran liat org nangis2 pas do’a di depan ka’bah
    sy pikir ‘pasti dy kebanyakan dosa,jd butuh tobat sampe segitunya,sedangkn sy gak perlu sampe segitunya krn gak bnyk dosa’. ternyata sy salah besar
    semakin sholeh seorang,justru semakin banyak bertobat
    seorang muslim itu memandang dosa sekecil apapun layaknya gunung
    😀

  5. @agi
    kalau kamu merasa begitu, mungkin ituh salah satu isyarat rindu dari Dia buat kamu,Gi…
    agar kamu segera mendekat. hehe 😀

  6. yap 🙂 amin. saranku kamu harus memiliki seorang teman yang bisa membantumu saling menguatkan 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s