[artikel]Zikir itu bermacam-macam

Zikir itu bermacam-macam :

·         Berzikir dengan menyebut asma 4W1 dan sifat-sifat-Nya, serta memujiNya dengan menyebut asma dan sifat-Nya.

·         Tasbih ( mensucikan 4W1 dengan mengucapkan : Subhanallah ), tahmid ( memuji 4W1 dengan mengucapkan : Alhamdulillah ), takbir ( mengagungkan 4W1 dengan mengucapkan : Allahuakbar), Tahlil (mengucapkan la ilaha illallahyang artinya tidak ada tuhan yang haq kecuali 4W1) serta memuliakan 4W1.

·         Berzikir dengan hukum-hukum 4W1, perintah-perintah-Nya serta laranganan-larangan-Nya dan ini merupakan zikir ahli ilmu. Bahkan ketiga zikir ini merupakan zikir mereka kepada Rabb-nya.

·         Berzikir dengan firman-Nya yaitu dengan Al-Qur’an. Ini termasuk zikir yang paling utama. 4W1 berfirman :
Dan barangsiapa yang berpaling dari zikir-Ku, maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”. (QS. 20:124)
Yang dimaksud dengan zikir-Ku adalah kalam
4W1 yang telah diturunkan kepada Rasulullah shall4W1u ‘alaihi wasallam yaitu al-Qur’an.
4W1 berfirman : orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat 4W1. Ingatlah, hanya dengan mengingati 4W1-lah hati menjadi tenteram. (QS. 13:28)

·         Berdzikir dengan berdo’a kepada 4W1, beristighfar (mohon ampunan) dan merendahkan diri di hadapan 4W1

Advertisements

3 thoughts on “[artikel]Zikir itu bermacam-macam

  1. tahu gak zikir yang sering kulakukan,,
    – Pergi ke tempat keramaian, melihat banyak orang dan kagum akan kebesaran Tuhan menulis skenario untuk setiap manusia yang ada disitu. Karena setiap manusia punya cerita sendiri, skenario tersendiri dalam hidupnya, setiap satu manusia ada satu skenario, dan skenario tiap tiap manusia itu saling berhubungan, entah ketika mereka berpapasan, atau saling melihat, atau cuma sekedar terlewati. “one thing lead to another, everything is connected”

    – Pergi ke alam lepas, memuaskan mata dengan karya visual Sang Maestro, menikmati proporsi warna yang terlihat acak, namun sebenarnya teratur, tekstur terrain yang terlihat abstrak, namun sebenarnya terpola. mendengar simfoni audial musik ritmis dari gesekan elemen ekosistem yang mengalun merdu meskipun temponya tidak menentu, menciptakan sensasi kedekatan dengan yang Maha Indah,,,

  2. yap 😀 setiap orang memang memaknai zikirnya sendiri, namun tetap ada satu persamaan dari semua bentuk zikir itu, yaitu mengingat 4w1 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s