[Artikel] CISCO Express Network On Wheels

2

me on CISCO express

Tanggal 28-30 Januari 2009 kemarin, saya bersama beberapa rekan dari ComLabs berkesempatan untuk mengikuti Roadshow CISCO ke 7 negara, salah satunya adalah Indonesia. Indonesia adalah Negara terakhir sebelum CISCO kembali ke singapura dan meng-Update teknologi terbaru mereka. Rangkaian acara ini terdiri dari 4 sesi dengan tiga tema. Hari pertama target Cisco adalah parapejabat pemerintahan yang sengaja diundang dalam acara Public Sector Day- CISCO Express Network On Wheels. Yap, disini dipaparkan bagaimana teknologi CISCO yang terbaru coba diterapkan dipemerintahan. Namun, sempat ada hal lain yang menggelitikku selama mengikuti acara tersebut. Hampir semua pembicara dan pemberi kata sambutan dalam acara tersebut adalah alumni ITB, termasuk Managing Director, CISCO System Indonesia, Bapak Irfan setiaputra dan juga perwakilan dari Depkominfo RI yang merupakan alumnis ITB. Buatku hal ini menjadi sebuah semangat untuk ikut menjadi bagian dari orang orang hebat seperti mereka dengan caraku sendiri.

Hari kedua CISCO berkunjung ke ITB tidak kalah formalnya dengan hari pertama, hanya saja kali ini targetnya berbeda. CISCO menawarkan solusi bagi bagi para pengusaha dengan tema SMB connection day. Disini aku bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana mudahnya kehidupan kita didunia industry dengan menerapkan banyak teknologi canggih. Salah satunya adalah teknologi Webex yang memungkinkan kita berperan sebagai moderator dalam mengundang rekan rekan kerja meeting lewat internet. Teknologi lain yang ikut dipamerkan dalam acara ini adalah mobility solutions, security solutions, data center solutions, IPICS, Digital Media Systems, dll. Sayangnya materi tentang teknologi teknologi ini masih dipublikasikan untuk kalangan terbatas.

Sehabis mengikuti seminar, peserta di setiap sesipun bisa melihat langsung demo dalam truk container yang menguras investasi sebesar atu juta dolar. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk menaiki truk container selama 5 menit dan dibimming oleh para teknisi yang menjadi tutor dalam container. Sayangnya, dikarenakan keterbatasan waktu dan banyaknya jumlah peserta yang mengantri untuk memasuki truk container, suasanapun kerap kurang terkendali. Namun, lebih dari itu, masih ada hal yang setidaknya bisa aku syukuri bahwa masih diberikan kesempatan untuk bisa menghadiri acara tersebut dan sedikit meraba teknologi yang sedang berkembang saat ini.

pembukaan sesi ke tiga CISCO express oleh rektor ITB

pembukaan sesi ke tiga CISCO express oleh rektor ITB

Sesi yang ketiga adalah sesi penutupan tour CISCO express di Indonesia. Kali ini teknologi yang ditampilkan mencoba bersentuhan dengan mahasiswa dan civitas akademika di Indonesia. ITB sendiri telah mengambangkan teknologi ini dengan mengadakan SOI(School Of Internet) pada beberapa pergguruan tinggi luar pulau jawa. Sesi yang dihadiri oleh akademisi dan staff ITB ini banyak membahas mengenai aplikasi produk CISCO dalam membangun backbone di ITB. Siangnya CISCO menggelar sesi terakhir yang ditujukan kepada mahasiswa. Salah satu Teknologi yang menarik perhatianku adalah CISCO Unified Communications Manager Express (CME) yang berbasis IP. Telepon ini memudahkan kolaborasi antar pengguna,sederhananya kita bisa mengatur beberapa vitur dengan telepon ini, misalkan membuka pintu, mengatur lampu atau mungkin memesan segala sesuatu hanya dengan menyentuh tombol tombol di layar telfon. Dengan telfon ini kita juga bisa mengakses internet dan menggunakannya sebagai telefon bisasa. Sayangnya, teknologi ini justru tidak tepat untuk ditujukan kepada mahsiswa. Kebanyakan aplikasi yang ditawarkan justru terfokus pada bisnis yang belum tepat diaplikasikan didunia kemahasiswaan. Mungkin hal itulah yang menyebabkan esensi dari materi yang dipaparkan kurang bisa dipahami.

Allhamdulillah.

Advertisements

3 thoughts on “[Artikel] CISCO Express Network On Wheels

  1. wew kak wew.. syangnyah CISCO gag sempet mampir ke yogya … mungkin kamu sama temen2 bisa “memfasilitasi” biar CISCO bisa mampir ke yogya

  2. Pingback: » Cisco Express : Testimonial pengunjung Network on Wheels ~ Blog Archive ~ Human Network (Asia Blogging Network)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s