[ihwal] anggapan keliru tentang bir dan alkohol

large20photos_alcohol1Beberapa orang beralasan bahwa mengkonsumsi alkohol adalah salah satu upaya untuk menghangatkan tubuh. Anggapan anggapan salah seperti ini telah ada sejak lama. Salah satu contohnya adalah praktik praktik kuno dalam memberikan brady atau whisky kepada orang yang lelah dan kelaparan, misal pada orang yang berada dalam kondisi gawat dan habis tenggelam.  Konsumsi berlebihan dari etil alkohol yang diberikan justru akan menghambat glukoneogenesis pada hati dan bisa mengakibatkan defisiensi glukosa dalam darah atau bisaa disebut sebagai hipoglisemia(turunnya kadar glukosa). Hambatan ini disebabkan karena alcohol merupakan salah satu inhibitor enzim yang bekerja dalam proses glukoneogenesis.

Tubuh sendiri memiliki mekanisme sintesis dan juga katabolisme tertentu untuk tetap menjaga keseimbangan kadar metabolit seperti glukosa, lipid, asam amino dan beberapa senyawa lain. Dalam tubuh, glukosa dibentuk secara glukoneogenesis dan diuraikan menjadi energi melewati proses glikolisis.Jika alkohol ini diberikan kepada manusia dan terjadi gangguan pada glukoneogenesis setelah periode aktifitas fisik yang berat maka tingkat glukosa dalam darah bisa menurun menjadi hanya 30% sampai 40% dari kadar normalnya.

Hipoglisemia ini membahayakan fungnsi otak karena secara khusus mempengarui bagian otak yang berhubungan dengan pengaturan suhu tubuh. Suhu tubuh rektal bisa turun sebesar 20C atau lebih pada keadaan ini. Sebaliknya, jika glukosa diberikan kepada orang yang mengalami penurunan suhu rektal tersebut, maka suhu tubuh normal bisa kembali ke keadaan semula. Jadi, pengobatan yang masuk akal bagi mereka untuk menaikan suhu tubuh adalah dengan pemberian glukosa.

Advertisements

6 thoughts on “[ihwal] anggapan keliru tentang bir dan alkohol

  1. alhamdulillah,
    setelah sekitar sebulan akhirnya bahasan ini muncul juga..

    tulisan ini menjadi penting tidak hanya bagi kimiawan atau ahli kesehatan saja,
    tapi juga berlaku bagi siapapun pembaca -yang berusaha menjadi manusia terbaik yaitu- yang mempelajari al-qur’an dan berusaha memahaminya..

    sebagaimana adanya salah satu ayat tentang pengharaman khamr (minuman keras):
    “Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: ‘Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya’…” [QS Al-Baqoroh (2) : 219]

    biasa ditemui pemahaman terhadap “beberapa manfaat bagi manusia” adalah berkaitan dengan fungsi khamr sebagai penghangat badan,
    berikut kutipan dari salah satu tafsir mengenai ayat tersebut:
    “…dan beberapa manfaat duniawi bagi segelintir manusia seperti keuntungan materi, kesenangan sementara, kehangatan di musim dingin, dan ketersediaan lapangan kerja…”

    dengan analisa di atas, pertimbangan “kehangatan musim dingin” menjadi perlu untuk dikaji ulang..

    wAllohu a’lam..

  2. ” Hipoglisemia ini membahayakan fungnsi otak karena secara khusus mempengarui bagian otak yang berhubungan dengan pengaturan suhu tubuh. ”

    mm.. ad penjelasan khusus ttg kalimat di atas ga ya teh?
    🙂
    syukron..

  3. assalamualaikum wr wb

    “Sesuatu yang banyaknya memabukkan maka sedikitnya pun haram.”
    Mari kita mendatangkan contoh: Kalau ada 1 liter air yang mengandung 50 gram bahan memabukkan yang kita namakan alkohol, maka cairan ini –yang tersusun dari air dan alkohol– berubah menjadi memabukkan. Namun jika seseorang minum sedikit maka dia tidak akan mabuk. Lain halnya jika dia minum dengan kadar yang lazim diminum oleh seseorang maka dia akan mabuk, dengan demikian menjadilah yang sedikit tadi haram. Sebaliknya, kalau ada 1 liter air mengandung 5 gram alkohol (misalnya). Jika seseorang minum 1 liter air tersebut sampai habis dia tidak mabuk, maka yang seperti ini halal untuk diminum.

    bagian ini saya kutip dari : http://ackogtg.wordpress.com/2009/09/03/alkohol-dalam-obat-dan-parfum/

    ting ting.. bingung mode on

    bagaimana tanggapan akan hal ini mbak ana ?

    karena sebagai seorang tenaga kesehatan, sy sering terpapar dgn alkohol ?

    makasih

    wassalamualaikum wr wb

  4. `alaykumussalam wr wb.

    kang hadi yg baik,

    ada hal yg perlu dibedakan, yaitu ‘alkohol’ dan ‘khamr’. khamr adalah sesuatu yg memabukkan (i.e. minuman keras), yg diharamkan sesuai hadits, banyak maupun sedikitnya. salah satu kandungan khamr adalah alkohol. adapun alkohol tidak selalu menjadi khamr..

    dengan demikian, terpapar alkohol bukanlah suatu masalah. kecuali jika masuk ke dalam pencernaan, karena alkohol (murni atau kadar melebihi toleransi) sifatnya racun kan? maka itu tidak boleh karena berbahaya sebagaimana tidak bolehnya memasukkan racun serangga ke dalam pencernaan. sesuai dalil, menjerumuskan diri pada kemudaratan itu haram hukumnya..

    Allohu wa Rosuluhu a`lam..

  5. @ kak imam
    oh yah kak imam, terus bagaimana kalau di makanan kita misalnyah pakai rum? ==a kan biasayah roti dan kue ituh pakai rum dan rumbutter yah kak? ituh boleh juga gak?

  6. rum, wine, arak, anggur putih, dll., yg biasa jd campuran makanan, kesemuanya itu termasuk minuman keras yg memabukkan. artinya itu khamr. walaupun hanya setetes, sudah membuat makanan itu jadi haram. wAllohu a`lam..

    makanya kalo roti dan/atau kue, asyiknya bikin sendiri, jadi aman dan enak, ditambah punya nilai kepuasan yg unik, krn hasil masak sendiri.. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s