[hikmah] hal yang terlupa, Halal dan kadaluarsa

candy1Tulisan ini saya angkat setelah mengalami salah satu kejadian bersama dengan asisten asisten comlabs. Mungkin kejadian ini  berupa teguran yang saya dapatkan karena telah lalai memperhatikan salah satu dari kedua point diatas. Kisah ini bermula ketika saya membeli salah satu permen coklat isi kacang disalah toko yang derada dalam kampus. Permen coklat itupun saya bagikan pada teman teman  yang  saat itu sedang berada di ruang asesten comlabs. Tidak selang beberapa lama setelah saya kembali dari ruangan DAP(divisi akses publik), teman teman saya tersebut menyodori bungkus permen yang baru saja saya berikan. Ternyata permen tersebut sudah kadaluarsa selama satu minggu. Untungnya mereka menyikapinya dengan (masih dengan) bercanda. Padahal,sebelum membeli permen tadi saya sempat meneliti bungkusnya, sayangnya yang saya cek hanya kehalalnnya dan kurang memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Untung saja masih ada yang mengingatkan, kalau teledor lagi, bisa bisa bukan hanya mencelakakan diri sendiri tapi juga orang lain meski disertai niat baik untuk memberi. Setelah shalat subuh saya menghubungi mereka kembali kalau kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Allhamdulillah tidak terjadi apa apa, untung 4w1 masih melindungi. Sungguh ini adalah sebuah teguran yang membuat saya sadar bahwa kewaspadaan dari konsumen harus selalu diutamakan. Kita tidak bisa mempercayakan seluruhnya pada distributor dan toko toko untuk “menyaring” produk produk yang sudah habis masa berlakunya ataupun terjamin kehalalannya.

Agaknya kedua point ini (halal dan kadaluarsa) adalah dua point yang kerap dilupakan saat kita mengkonsumsi sesuatu. Mulai saat ini, telitilah sebelum membeli. Jaminlah kehalalan dan juga kualitasnya untuk menjaga diri kita, untuk menjaga orang orang yang kita sayangi.

Wallohualam

-Bintang-

One thought on “[hikmah] hal yang terlupa, Halal dan kadaluarsa

Leave a Reply

