[curhat] Arti sebuah tulisan; kisah dibalik tulisan-tulisan diblog sangbintang

berbeda. Ada yang menjadikannya sebagai bahan pelajaran dan juga hikmah bagi orang lain, ada yang menjadikannya sebagai rekaman dan ungkapan dari apa yang mereka rasakan dan mereka pikirkan, menggunakannya untuk mempengaruhi orang lain, atau bahkan ada yang tidak begitu menyukai untuk menuliskan apa yang mereka rasakan atau alami akan sesuatu. Bagi saya pribadi, menulis adalah belajar dan juga introspeksi. Belajar, karena didalamnya harus dibekali dengan ilmu dan pemahaman untuk bisa menjadikannya sebagai manfaat bagi oranglain, dan introspeksi karena terkadang dengan menuliskan sebuah masalah dan berusaha mencari solusi agar hal tersebut tetap menjadi hikmah bagi oranglain, memicu saya untuk lebih luas dalam memandang sesuatu. Hal itu membuat saya menyadari hal hal kecil ataupun kesalahan kesalahan yang telah saya perbuat dan mungkin tidak disadari ketika kita hanya “menyimpannya” dalam pikiran.

Menulis adalah sesuatu yang bisa membuat kita tetap “hidup” bahkan ketika kematian telah menjemput. Tulisanpun bisa menjadi salah satu cara untuk kita lebih mengenal seseorang. Dengan membaca apa yang seseorang tuliskan, kita seolah ‘memiliki percakapan’ dengan orang tersebut. Disana tertuang apa yang dia pikirkan dan caranya memandang sebuah permasalahan ataupun kehidupan. Bisa jadi disana juga tertuang perjuangan dan hal hal yang penuh dengan hikmah jika kita bisa mengambil pelajaran darinya. Namun yang lebih penting, ikhtiarkanlah setiap tulisan yang kita buat mampu membuat kita makin dengan denganNya yang Maha pengasih lagi penyayang.

Ketika suatu saat saya kembali membaca tulisan tulisan yang telah lama saya buat, tulisan tulisan itu seolah memberi “kesempatan kedua” kepada saya untuk mengingat kembali apa yang sebenarnya terjadi. Disana seolah tertuang emosi dan memori-memori yang bahkan terkadang membuat saya belajar, berfikir, dan berintrospeksi terhadap hal hal yang telah atau akan saya ambil. Itulah mengapa hampir disetiap tulisan yang saya buat dalam blog ini teriring doa “….. (doa kepada orangtua, dunia akhirat dan doa ilmu. “Ya raab…, semoga apa yang hamba lakukan kini, esok, dan seterusnya…adalah jalan untuk kian mendekatkan diri hamba kepadaMu”. Saya berharap, sungguh sangat berharap, bahwa setiap tulisan, pemikiran, dan perasaan yang tertuang dalam setiap kata bukan hanya akan menjadi pelajaran bagi saya, namun juga menjadi hikmah bagi siapapun yang membacanya.

Hal lain yang saya sadari adalah menulis merupakan sebuah tanggungjawab. Setiap kata dan pemikiran yang tercurah disana harus diiringi dengan kesadaran bahwa setiap kata yang kita tuliskan harus tetap bisa dipertanggungjawabkan.  Jangan sampai apa yang kita tuliskan justru menimbulkan kesalahpahaman atau bahkan memicu pemikiran salah dalam menyikapi sesuatu. Disanalah pentingnya ilmu yang bermanfaat dan keimanan sebagai modal dan fondasi awal untuk kita bisa lebih bijak menyikapi sesuatu termasuk saat kita membagikannya orang lain.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menjadi motivasi bagi siapapun yang membacanya.

Salam hangat,

Sangbintang

4 thoughts on “[curhat] Arti sebuah tulisan; kisah dibalik tulisan-tulisan diblog sangbintang

  1. ahahaha… iya mon, iya. baru notice. 😀 thx ya, ntar sayah benerin. Btw, si Yumcutz akhirnya “kembali” juga. haha :))

Leave a Reply

